Desember 9, 2021

11 Cara Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Proses Manajemen Logistik Anda

Manajemen logistik itu adalah tulang punggung bisnis apa pun.

Kenapa?

Karena fungsi tersebut memastikan kalau shipping, delivery, dan supply chain management bekerja seefisien mungkin.

Kalau bisnis Anda ingin memenangkan persaingan, memperbaiki proses manajemen logistik adalah langkah pertama yang bisa Anda ambil untuk menuju peningkatan efisiensi dan produktivitas operasional.

Anda harus ingat, selalu ada ruang untuk perbaikan dalam aspek bisnis apa pun, terutama logistik.

Dan menggunakan sumber daya yang Anda punya secara efisien, berarti Anda sudah memenangkan lebih dari setengah persaingan!

Manajemen logistik yang efisien dengan strategi proaktif dan terdefinisi dengan baik bisa membantu Anda membangun hubungan customer yang lebih baik.

Itu juga akan menambah keandalan di seluruh supply chain Anda, serta meminimalkan kebutuhan akan tingkat inventory yang tinggi.

Seiring dengan meningkatkan ketepatan waktu pengiriman dan mengurangi kesalahan, ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda tingkatkan dalam supply chain.

Apa saja?

Sebelum kita bahas beberapa tips yang akan membantu Anda mengoptimalkan manajemen logistik Anda, pastikan Anda juga sudah bergabung dengan scmguide telegram channel karena masih banyak lagi artikel-artikel bermanfaat lainnya yang akan saya bagikan di sana. Jadi, pastikan Anda ngga ketinggalan update-nya.

11 Cara Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Proses Manajemen Logistik Anda

Perencanaan dan penetapan tujuan yang tepat

Hal pertama dan paling penting untuk Anda pertimbangkan adalah membuat rencana keseluruhan prosedur logistik Anda.

Setiap langkah dalam proses pengiriman barang haruslah mengikuti visi yang tepat.

Dari manufaktur barang dan fasilitas penyimpanan, sampai keselamatan dan pengiriman tepat waktu ke customer akhir, semuanya harus Anda lakukan sesuai dengan skema yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

Dengan manajemen waktu, transportasi, dan parameter lain yang terencana dengan baik, keuntungan maksimum bisa Anda peroleh.

Yang paling penting, ngga boleh ada kompromi yang Anda buat kalau sudah berhubungan dengan standar.

Untuk pelacakan yang lebih baik, kontrol kualitas, dan pengiriman tepat waktu, jadwal yang sudah Anda buat harus Anda ikuti dengan ketat.

cara meningkatkan kinerja logistik

Anda juga harus siap, ngga peduli seberapa baik pun Anda merencanakan prosedur, kemungkinan terjadinya keadaan yang ngga terduga tetap ngga bisa Anda abaikan.

Masalah-masalah yang berkaitan dengan produk, transportasi, waktu, dan lain-lain, selalu bisa muncul ke permukaan.

Anda harus selalu punya rencana darurat cadangan untuk menangani situasi seperti itu.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, punya jumlah stok yang tepat bisa menjadi komponen kunci untuk menyeimbangkan organisasi logistik yang sukses.

Menjaga stok yang tepat akan memastikan permintaan customer terpenuhi tanpa menahan lebih banyak uang daripada yang Anda butuhkan dalam bentuk tingkat stok tinggi yang ngga perlu.

Advanced replenishment adalah bagian dari Warehouse Management System (WMS) yang akan membantu Anda mengoptimalkan tingkat stok.

Dan itu adalah salah satu cara supaya perusahaan grosir dan distribusi bisa memperoleh manfaat dengan cara meningkatkan operasi dan merampingkan manajemen stok mereka.

Pilihan lainnya adalah stock planning and forecasting software untuk membantu Anda mengurangi biaya bagi baik untuk Anda, maupun untuk customer.

Fokus pada order-to-delivery lead time dan rencanakan dengan tepat

Kepuasan customer adalah tujuan akhir dari setiap rantai logistik karena mempengaruhi bagaimana mereka melihat perusahaan Anda.

Waktu yang Anda butuhkan mulai dari penempatan pesanan sampai pengiriman adalah salah satu aspek paling penting dari pengalaman customer.

Dan itu juga merupakan faktor penentu utama, menurut pendapat mereka, tentang perusahaan Anda.

Ngga ada gunanya seberapa baik pun Anda menangani setiap aspek lain dari operasi bisnis Anda, kalau pendapat customer tentang Anda buruk akibat lead time yang lama dalam pemenuhan pesanan.

Karena sejumlah departemen dan staf terlibat dalam proses pemenuhan pesanan customer, maka Anda harus menangani proses pemenuhan pesanan ini secara keseluruhan kalau Anda ingin meningkatkan lead time.

Anda juga pasti suka:

Evaluasi dan definisikan ulang Standard Operation Procedure (SOP) Anda

Untuk meminimalkan inefisiensi produksi dan membantu seluruh tim Anda bekerja sebagai unit yang kohesif, terapkan beberapa perubahan pada SOP Anda.

cara meningkatkan kinerja logistik

Ini bukan tantangan besar seperti yang terlihat karena beberapa langkah kecil saja sebenarnya bisa menghasilkan hasil yang besar.

Fokuslah pada peningkatan arus informasi di seluruh rantai logistik dan lanjutkan dari sana.

Terapkan sistem pemeriksaan ganda untuk mengurangi human error dan pengiriman duplikat.

Cetak dan tampilkan terminologi kebijakan utama di seluruh fasilitas Anda.

Gunakan laporan analitik untuk berbagi perilaku pasar dan tren arus penjualan dengan tim Anda setiap hari, mingguan, dan bulanan.

Dan pastikan orang-orang jelas tentang peran dan tanggung jawab mereka.

Meninjau Standard Operation Procedure (SOP) Anda bisa memastikan semua anggota tim Anda selaras dengan proses yang merupakan kunci untuk mencapai tujuan bersama.

Hal-hal yang perlu Anda tinjau bisa mencakup berbagi informasi, laporan rutin yang menguraikan kegiatan pergudangan, pengembangan, pengemasan, dan penjualan untuk mengikuti perkembangan tren dan perilaku pasar.

Menetapkan KPI dan mengukurnya secara teratur akan memantau seberapa baik kinerja proses dan mengidentifikasi area mana yang perlu perbaikan.

Menerapkan metode untuk memeriksa pesanan akan mencegah human error sebanyak mungkin.

Dengan adanya individu yang mengemas pesanan, selalu ada risiko terjadinya kesalahan, jadi pemeriksaan ulang bisa membantu Anda mencegah hal ini.

Periksa transportasi dan desain ulang untuk efisiensi biaya/waktu

Transportasi seringkali merupakan pengeluaran terbesar dalam logistik, terutama kalau ngga Anda rencanakan dan laksanakan dengan baik.

Ini juga punya pengaruh besar pada jangka waktu pengiriman dan pengembalian investasi, terutama kalau ada barang rusak dalam perjalanan.

Ngga peduli apapun industrinya, kenaikan biaya transportasi umumnya berarti kenaikan harga barang.

Analisis setiap aspek proses transportasi Anda untuk menentukan di mana pengeluaran paling tinggi yang Anda lakukan.

Mulailah dengan rute pengiriman dan perencanaan muatan, memilih rute terpendek dan teraman, dan menggunakan timbangan truk untuk memastikan kalau kendaraan Anda membawa muatan penuh.

Kemasan produk juga harus Anda rancang dengan efektif untuk meminimalkan ukuran dan berat, tentunya tanpa mengorbankan keamanan.

Anda juga pasti suka:

Optimalkan manajemen gudang untuk produktivitas maksimum

Manajemen gudang yang tepat adalah aspek penting dari setiap proses logistik karena hal itu memengaruhi segalanya, mulai dari lead time sampai manajemen inventory, bahkan kualitas produk.

cara meningkatkan kinerja logistik

Operasi pergudangan yang efektif sebagian besar bergantung dari jenis produk (gampang rusak atau ngga tahan lama, lingkungan seperti apa yang dibutuhkan, dll.).

Terlepas dari barang yang Anda simpan, peningkatan tertentu bisa membantu Anda mengurangi pemborosan dan mempercepat operasinya.

Misalnya, Anda bisa memaksimalkan ruang penyimpanan dengan menggunakan kolom vertikal dan menerapkan timbangan industri sebagai bagian dari peralatan material handling Anda untuk membantu staf gudang menimbang barang lebih cepat dan akurat.

Setiap gudang harus Anda rancang sesuai dengan jenis barang yang harus Anda simpan.

Misalnya, produk susu, obat-obatan, dan beberapa makanan, sering membutuhkan lingkungan yang Anda dinginkan, dan produk gandum seperti biji-bijian perlu Anda simpan di tempat yang bebas kelembaban.

Fasilitas penyimpanan harus selalu memenuhi kebutuhan jenis produk.

Kalau tingkat inventory terlalu kecil, bisa menyebabkan kekurangan pasokan dan juga keterlambatan pengiriman pesanan.

Dan kalau terlalu besar, itu akan menghabiskan banyak uang ekstra.

Karena itu, tingkat inventory yang bisa Anda kelola dan akurat itu sangat perlu untuk membuat manajemen yang menguntungkan.

Selain itu, sistem manajemen inventory yang baik bisa menambah efisiensi dalam mengendalikan tingkat inventory dan membantu Anda mengantisipasi permintaan customer. Itu akan menghemat waktu, biaya, dan meningkatkan loyalitas customer Anda.

Itu juga harus mengikuti tren kemasan yang modern dan up to date.

Mengoptimalkan ruang gudang Anda dan operasinya sangat penting untuk meningkatkan produktivitas secara konsisten.

Produk dan stok harus Anda posisikan sedemikian rupa sehingga ada aliran barang yang optimal. Yang itu berarti cuma akan ada sedikit masalah dalam menemukan atau mencapai item yang Anda butuhkan.

Terus memperbarui data produk mana yang laris cepat akan membantu Anda menentukan tata letak terbaik.

Barang-barang tersebut haruslah bisa dengan cepat dan gampang Anda ambil, serta gampang Anda akses untuk pengisian ulang stoknya.

Dengan pemikiran kalau kegiatan pergudangan harus bereaksi terhadap perubahan lingkungan dan iklim, kalau produk musiman atau adanya pengaruh eksternal yang menyebabkan beberapa barang menjadi lebih populer, maka tindakan harus Anda ambil untuk memastikan produk tersebut bisa Anda pindahkan ke lokasi utama dengan gampang.

cara meningkatkan kinerja logistik.

Untuk tetap selangkah lebih maju dari permintaan customer, gudang juga harus bisa menyimpan stok inventory yang cukup besar, menggunakan tools yang bisa membantu hal ini, seperti perencanaan dan perkiraan stok, misalnya.

Seberapa cepat staf Anda bisa mengambil pesanan juga penting untuk operasi yang efisien. Semakin cepat pesanan bisa Anda ambil, semakin baik.

Ada banyak metode berbeda yang diterapkan oleh warehouse management system untuk memastikan prosedur pengambilan yang optimal. Ini bisa mencakup wave picking, pengambilan secara batch, dan pengambilan berdasarkan zona.

Mana yang cocok untuk Anda akan bergantung pada pengaturan fasilitas Anda.

Terapkan otomatisasi dan manfaatkan teknologi baru

Beberapa tahun terakhir ini inovasi teknologi berkembang sangat pesat, terutama otomasi dalam logistik bisnis.

Alat dan sistem modern saat ini dirancang untuk mempercepat efisiensi dan lead time organisasi dengan mengurangi gangguan manual dan menghilangkan human error.

Jadi sekaranglah saatnya untuk mengadopsi teknologi tersebut. Mulai dari timbangan pintar yang terintegrasi dengan warehouse management system dan melacak inventory, sampai software proses bisnis dan komunikasi yang memberikan pembaruan data secara real time untuk setiap aspek pergerakan barang.

Bisa kita bilang, ada solusi khusus untuk hampir semua tantangan logistik yang mungkin Anda hadapi hari ini.

Seiring berjalannya waktu, teknologi baru juga masuk ke rumah dan pasar.

Untuk bisa mengikutinya, Anda perlu memasukkan teknologi terbaru untuk menangani masalah dan mengatasi tuntutan zaman modern ini.

AI dan teknologi bisa membantu Anda bekerja secara efisien dalam volume tinggi dan margin rendah, serta dalam melakukan banyak pembayaran dan memenuhi tenggat waktu yang sensitif.

Anda juga pasti suka:

Penggunaan data dan analitik prediktif

Untuk mendefinisikan kembali standard operation procedure, Anda harus menerapkan metode check-and-examine.

Sangat penting untuk Anda menganalisis metrik biaya, siklus, dan layanan dengan bantuan umpan balik dan software terbaru.

Laporan harus Anda siapkan dan serahkan ke departemen terkait setiap hari, mingguan, bulanan, dan tahunan. Dan laporan tersebut haruslah singkat dan sangat analitis.

Ini akan memberikan pedoman kepada setiap departemen terkait.

cara meningkatkan kinerja logistik

Teknologi terbaru memungkinkan perusahaan logistik untuk membuat analisis prediktif yang membantu Anda dalam mengelola situasi yang ngga terduga dan memecahkan sejumlah masalah yang bisa muncul dalam proses pengiriman barang.

Anda perlu meninjau kembali masalah terkait pengiriman Anda dan mengatasinya dengan pemahaman yang lebih baik.

Penilaian kinerja bersama dengan evaluasi dari seluruh proses operasi, bisa memandu Anda lebih baik ke area mana yang perlu perbaikan.

Selain itu, analisis terkait customer bisa memberikan laporan pengiriman dan informasi mengenai permintaan populer yang akan membantu Anda dalam meningkatkan atau memperkenalkan suatu kebijakan.

Pelatihan staff

Peluang keberhasilan rencana logistik Anda sangat tergantung pada seberapa efisien staff Anda bekerja.

Ini membawa kita ke faktor penting berikutnya yang bisa membantu Anda untuk memaksimalkan keuntungan, yaitu mendapatkan staff yang terlatih.

Staff harus terlatih dengan baik dalam mengelola semua pesanan dan informasi dengan memanfaatkan teknik modern.

Hal ini bisa Anda capai dengan peran SDM yang positif dan aktif.

Departemen ini bertanggung jawab untuk melatih staff sesuai dengan apa yang Anda butuhkan dan mempersiapkan karyawan untuk itu.

Selain itu, brosur, pemberitahuan yang Anda pasang di dinding tempat kerja, dan sesi pelatihan yang rutin bagi para pekerja, terbukti bermanfaat bagi kinerja dan efisiensi kerja.

Selama proses kerja, setiap pekerja dan manajemen harus disadarkan tentang adanya kebijakan baru.

Pemahaman mereka harus Anda tingkatkan ke tingkat yang gampang mereka pahami, jadi kerugian terkait produk bisa Anda hindari.

Penanganan barang-barang yang bisa dimakan, barang-barang rapuh, dan bahan kimia adalah pekerjaan yang sangat sensitif.

Pekerja harus sadar saat barang-barang khusus sedang mereka kemas dan beri label. Semua hal ini harus mereka lakukan dengan cara yang Anda terus tingkatkan.

Memfasilitasi dialog antar karyawan

Karakter bisnis diwakili oleh perilaku karyawannya.

Yang, pada gilirannya, mewakili bisnis dan tujuannya.

Dengan berkomitmen untuk memperkuat hubungan karyawan, manajer manufaktur berkomitmen untuk memperkuat seluruh bisnis mereka.

Menciptakan budaya sukses bisa Anda mulai dengan percakapan.

Manajer manufaktur harus berbicara dengan orang yang mereka pekerjakan untuk tahu lebih lanjut apa yang mereka alami atau rasakan.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ingat.

  • Manfaatkan momen kecil. Yang paling baik adalah para manajer keluar dari ruangan mereka dan berinteraksi dengan sebanyak mungkin orang setiap hari. Sesuatu yang sederhana, seperti bertanya pada seseorang tentang hari mereka, bisa membuat mereka terbuka tentang masalah logistik.
  • Dengarkan apa yang sudah mereka bilang. Sama seperti bagaimana bisnis ngga boleh berasumsi apa yang customer mereka pikirkan, manajemen juga harus meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang karyawan mereka bilang.
  • Bersikaplah transparan tentang suatu keputusan. Kalau seorang karyawan mengajukan saran yang kemungkinan ngga akan Anda terapkan, penting bagi manajer mereka untuk menanganinya dengan hormat. Manajer seharusnya ngga cuma menjelaskan mengapa itu ngga berhasil, tapi berkolaborasilah untuk merekomendasikan solusi lain.

Ketika Anda berbicara dengan karyawan, mereka juga akan mulai berbicara satu sama lain.

Ini bukan cuma fungsi dari sifat manusia, tapi alat penguatan yang memungkinkan bisnis untuk bersaing secara efisien.

Hubungan customer yang baik dan efisien

Kinerja dukungan customer yang baik dan cepat itu ngga cuma akan meninggalkan kesan yang lebih baik pada customer, tapi juga meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Pastikan customer Anda selalu mendapatkan informasi.

Manajemen logistik yang lancar akan menghasilkan layanan customer yang hebat, yang membuat konsumen mau mengeluarkan uang mereka untuk Anda.

Faktanya, 70% customer bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk perusahaan yang mereka yakini menyediakan layanan customer yang sangat baik.

Customer adalah aset bisnis yang paling penting.

Mereka ngga cuma memegang daya beli, tapi pendapat mereka punya kekuatan untuk mempengaruhi konsumen lain.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat mereka “tahu”. Atau, dengan kata lain, penting untuk jujur ​​pada mereka.

Itu berarti bisnis harus sepenuhnya transparan di seluruh logistik proses pembelian.

Ketika customer Anda beri tahu, mereka akan senang.

Mengirim email informatif, nomor pelacakan yang layak, dan pembaruan informasi lainnya, bisa memastikan mereka ngga berada di dalam “kegelapan”.

Pada gilirannya, mereka akan menawarkan dukungan mereka untuk bisnis Anda.

Belajar dari pesaing

Anda bisa belajar banyak dari apa yang orang lain lakukan. Mengawasi tren dan proses populer bisa membantu Anda menyempurnakan operasi Anda sendiri.

Dari melakukan ini, Anda bisa mempelajari best practices, software dan sistem populer untuk mengelola operasi, program pelatihan yang efisien untuk staf, dan meningkatkan efisiensi keseluruhan untuk operasi logistik Anda sendiri.

Mengawasi apa yang pesaing Anda lakukan juga berguna untuk tetap berada di depan permainan dan memastikan Anda meyakinkan customer kalau Anda memberikan yang terbaik dari apa yang tersedia.

Inspirasi bisa Anda temukan di mana saja, bahkan di dalam kompetisi.

Itu sebabnya, bisnis Anda harus memperhatikan pengalaman pesaing sebagai sumber pengetahuan gratis.

Beberapa hal yang bisa Anda perhatikan seperti:

  • Metode baru manajemen logistik.
  • Program pelatihan staf yang efisien.
  • Sistem software modern.

Dengan mempelajari praktik apa yang bekerja dengan baik untuk pesaing Anda, Anda akan tetap bisa mengikuti perkembangan industri.

Kesimpulan

Manajemen logistik bisa menjadi proses yang kompleks dan memakan waktu, tapi tools yang tepat membuatnya menjadi lebih gampang dan lebih menguntungkan.

Meningkatkan kinerja logistik Anda pasti akan meningkatkan hubungan Anda dengan customer, memberikan layanan Anda lebih efisien dan dengan standar yang lebih tinggi.

Customer memegang kekuatan untuk keberhasilan organisasi Anda; mereka punya daya beli yang membuat mereka menjadi aset yang kuat.

Ingatlah kalau meningkatkan operasi logistik Anda akan membangun pengalaman positif yang akan customer punya dengan Anda. Itu akan memperkuat hubungan yang Anda punya dengan mereka di masa depan.

Semoga bermanfaat!

“Bagikan artikel ini pada tim atau rekan Anda supaya mereka juga bisa mendapatkan manfaatnya. Pastikan juga Anda bergabung dengan scmguide telegram channel untuk mendapatkan artikel-artikel penting seputar supply chain management lainnya karena bakal banyak lagi yang akan saya bagikan di channel tersebut. Semoga bermanfaat!”

Dicky Saputra

Supply chain practitioner with 16 years of working experience. I help companies improve their end to end supply chain performance. You can contact me on: Email: dicky.scmguide@gmail.com Linkedin: https://www.linkedin.com/in/dickysaputra

View all posts by Dicky Saputra →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: