Januari 23, 2022

Menyewa VS Membeli Gudang: Pro dan Kontra

Saat Anda sadar kalau Anda butuh gudang, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan membangun/membeli properti gudang, atau mencari ruang gudang untuk Anda sewa?

Masing-masing opsi punya kelebihan dan kekurangannya. Dan itu mungkin akan membuat Anda sulit untuk mengambil keputusan.

Nah, karena itulah, pada postingan kali ini, saya akan membahas beberapa pro dan kontra dari membeli (atau membangun) VS menyewa gudang untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Tapi sebelum kita masuk lebih jauh ke pembahasan penting ini, pastikan Anda juga sudah bergabung dengan scmguide telegram channel ya, supaya Anda ngga ketinggalan update artikel-artikel bermanfaat lainnya dari blog ini.

Apakah membangun gudang itu menguntungkan?

Kalau Anda memilih untuk membeli gudang, Anda harus membayar biaya di muka yang lebih tinggi.

Itu sebabnya, umumnya cuma perusahaan yang sangat besar saja yang cenderung memutuskan untuk membeli sebuah atau beberapa gudang.

Sedangkan untuk usaha kecil dan menengah, keputusan yang sama bisa mengakibatkan pengeluaran uang yang seharusnya bisa mereka gunakan di tempat lain untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.

Dan kalau Anda membeli sebuah gudang, akan ada lebih banyak biaya tetap dibandingkan jika Anda hanya menyewanya. Pemilik fasilitas gudang bertanggung jawab untuk membayar pemeliharaan dan perbaikan gudang tersebut.

Yang harus Anda catat, bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan gudang itu bisa menghabiskan waktu dan uang Anda yang berharga.

Selanjutnya, kalau bisnis Anda berkembang dan membutuhkan lebih banyak area gudang, akan lebih sulit untuk Anda menjual lokasi gudang Anda saat ini dan membeli lokasi baru.

Dan selalu ada risiko kalau Anda harus menjual lebih rendah dari harga asli gudang tersebut.

Karena adanya risiko ini, maka akan sulit bagi pemilik bisnis untuk memanfaatkan peluang baru untuk pertumbuhan bisnis mereka.

Keuntungan membeli gudang

Sekarang, ayo kita lihat apa untungnya kalau Anda membangun atau membeli gudang untuk bisnis Anda.

Fleksibilitas

Salah satu keuntungan dari membeli gudang daripada menyewa adalah fleksibilitas yang akan Anda punya dari memiliki sebuah properti.

sewa vs membeli gudang

Di gudang sewa, Anda harus meminta izin pemilik gudang lebih dulu sebelum Anda bisa membuat perubahan permanen pada properti tersebut. Betul kan?

Dan itu bisa membatasi pilihan Anda terkait dengan rak palet yang akan Anda gunakan, lantai mezzanine, dan penyesuaian tata letak gudang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebaliknya, kalau Anda adalah pemilik properti, Anda bebas membuat perubahan apa pun yang Anda perlukan untuk memfasilitasi pertumbuhan bisnis Anda.

Misalnya, kebutuhan untuk memperluas bangunan atau renovasi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan gudang Anda.

Ini juga berarti kalau Anda bisa bebas memilih sistem rak palet seperti apa yang paling sesuai untuk memaksimalkan penyimpanan dan mengoptimalkan proses Anda.

Itu tentu lebih menguntungkan daripada Anda harus menggunakan sistem rak yang sudah dipasang orang lain di gudang yang Anda sewa. Ya kan?

Stabilitas

Keuntungan lainnya dari punya gudang Anda sendiri adalah stabilitas.

Tarif sewa bisa meningkat setiap tahunnya serta dengan pembaruan setiap sewa baru. Itu mempersulit perencanaan keuangan yang akurat untuk masa depan bisnis Anda.

Beda halnya kalau Anda punya gudang sendiri.

Plus, punya gudang sendiri juga memberi Anda stabilitas pertumbuhan bisnis Anda dari satu lokasi yang tetap.

Sedangkan di gudang sewa, kalau pemilik gudang memutuskan untuk ngga memperbarui sewa lagi dengan alasan apa pun, Anda mungkin akan perlu mengeluarkan biaya relokasi mahal, yang tentunya akan membuat bisnis Anda mundur secara finansial. Belum lagi itu juga berpotensi membuat Anda kehilangan klien lokal di sekitar gudang sewa Anda.

Ekuitas

Membeli properti komersial itu mirip dengan membeli properti residensial karena merupakan investasi yang berpotensi tumbuh nilainya.

Nah, karena nilai properti meningkat seiring pertumbuhan bisnis Anda, properti itu juga bisa Anda gunakan sebagai ekuitas dalam pinjaman untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, properti tersebut bisa Anda jual kalau bisnis Anda sedang membutuhkan modal dengan segala alasannya.

Anda juga pasti suka:

Kekurangan membeli gudang

Bagaimana dengan kekurangannya?

Apakah ada kekurangan dari membeli gudang?

Tentu saja ada.

Ayo kita lihat.

Biaya awal yang tinggi

Salah satu kekurangan yang jelas dari membeli atau membangun gudang dibandingkan dengan menyewa adalah tingginya biaya deposit di muka.

sewa vs membeli/membangun gudang

Bahkan mungkin Anda perlu membayar uang di muka lebih besar daripada saat Anda membeli properti residensial.

Akibatnya, kurangnya modal yang tersedia karena biaya deposit yang besar di awal, bisa secara signifikan menghambat pertumbuhan bisnis yang kurang mapan.

Perawatan gedung

Kekurangan lain dari membeli daripada menyewa gudang adalah Anda bertanggung jawab untuk mengatur dan mendanai semua pemeliharaan gedung, termasuk biaya tahunan lainnya.

Dan bukan cuma biaya tambahan saja yang perlu Anda perhitungkan, tapi juga kebutuhan akan waktu dan sumber daya organisasi Anda, yang sebenarnya bisa Anda gunakan dalam hal lain untuk mengembangkan bisnis Anda.

Kurang fleksibilitas finansial

Meskipun Anda punya fleksibilitas dalam menyesuaikan dan merenovasi gudang Anda saat Anda perlukan, tapi ada juga aspek fleksibilitas yang berkurang saat Anda punya properti gudang sendiri.

Misalnya, properti gudang Anda butuh waktu lama, bahkan sampai berbulan-bulan, sampai bisa terjual pada saat Anda butuh tambahan modal.

Ini berarti kalau bisnis Anda mengalami pertumbuhan pesat, Anda mungkin ngga bisa memanfaatkan potensi pertumbuhan yang lebih besar tersebut sampai gudang Anda terjual.

Selain itu, pada saat bisnis Anda berkembang, dan di saat yang sama pasar properti sedang ngga bagus, Anda akan menghadapi pilihan antara tetap berada di gudang Anda saat ini dan menghambat pertumbuhan bisnis Anda, atau Anda menjual gudang tersebut dengan harga lebih rendah daripada yang dulu Anda bayarkan.

Contoh lain dari berkurangnya fleksibilitas dari punya gudang sendiri adalah modal yang terikat.

Karena deposit besar perlu Anda keluarkan untuk membeli gudang, maka sejumlah besar modal bisnis Anda pun akan terikat dalam investasi Anda.

Ini berarti kalau bisnis Anda akan punya fleksibilitas keuangan yang lebih sedikit untuk memanfaatkan setiap peluang pertumbuhan yang mungkin muncul.

Lalu, apakah menyewa gudang lebih baik?

Kalau Anda memutuskan untuk menyewa gudang, umumnya memang ada lebih banyak gudang sewa komersial yang tersedia daripada yang tersedia untuk pembelian.

Itu memungkinkan Anda untuk punya lebih banyak pilihan dalam memilih lokasi, ukuran, dan fasilitas gudang penting lainnya.

sewa vs membeli/membangun gudang

Selain itu, karena Anda ngga perlu membayar uang muka yang signifikan untuk menyewa gudang, uang tersebut bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda lebih lanjut di area lain.

Tentu saja, akan ada biaya sewa gudang yang harus Anda bayar, tapi biaya tersebut akan terdistribusi selama masa sewa, bukan sekaligus.

Plus, Anda ngga perlu mengeluarkan uang untuk perbaikan dan pemeliharaan di sekitar fasilitas gudang.

Ini ngga cuma menghemat uang, tapi juga waktu Anda.

Yang tentunya Anda tahu, baik uang atau pun waktu, sangat penting untuk memastikan bisnis Anda tumbuh dengan cepat dan efisien.

Dan kalau bisnis Anda berkembang, Anda akan punya kemampuan untuk bergerak lebih cepat dan lebih gampang karena Anda ngga terikat dengan memiliki bangunan gudang tersebut.

Keuntungan sewa gudang

Ayo kita lihat lebih detail apa saja keuntungan dari menyewa gudang dibandingkan dengan membeli atau membangunnya.

Lebih banyak pilihan

Karena umumnya ada lebih banyak gudang yang tersedia untuk Anda sewa daripada Anda beli, menyewa gudang memberikan keuntungan karena Anda akan punya lebih banyak pilihan seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya.

Ini berarti Anda lebih mungkin untuk menemukan gudang yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam hal ukuran, lokasi, fasilitas, dan bahkan peralatan.

Fleksibilitas

Menyewa gudang akan diiringi dengan fleksibilitas bisnis karena Anda bebas pindah ke fasilitas lain yang lebih besar seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda.

Selain itu, karena menyewa gudang ngga memerlukan deposit yang besar, Anda akan punya modal yang tersedia untuk Anda manfaatkan sepenuhnya dalam setiap peluang pertumbuhan, atau menggunakan uang tersebut untuk mengembangkan bisnis Anda lebih jauh.

Menyewa gudang daripada membeli juga mempermudah dalam menjalankan bisnis Anda.

Anda bisa menjalankan bisnis Anda dari beberapa lokasi karena Anda ngga perlu membayar deposit yang cukup besar, biaya pemeliharaan, dan pemeliharaan untuk setiap lokasi baru yang Anda jalankan.

Anda juga pasti suka:

“Bebas” biaya perawatan gedung

Keuntungan lain dari menyewa gudang adalah kalau pemeliharaan bangunan secara umum adalah tanggung jawab pemilik gudang. Yah, walaupun mungkin itu sudah termasuk dalam biaya sewa Anda, tapi paling ngga Anda ngga perlu mengalokasikan waktu dan energi secara khusus untuk melakukan perawatan gedung. Betul kan?

sewa vs membeli/membangun gudang

Nah, hal ini memungkinkan Anda untuk menempatkan semua waktu dan uang Anda untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Kekurangan sewa gudang

Supaya perbandingannya berimbang, tentu kita juga harus membahas apa saja kekurangan dari menyewa gudang dibandingkan dengan membelinya.

Ayo kita lihat.

Tarif berfluktuasi

Menyewa gudang punya kelemahan yaitu harga sewa yang berfluktuasi.

Hal ini karena tarif sewa bulanan umumnya dikenakan kenaikan sewa tahunan, serta potensi kenaikan sewa setiap kali sewa diperpanjang.

Potensi fluktuasi biaya sewa ini membuat jauh lebih sulit bagi Anda untuk merencanakan biaya dan pertumbuhan bisnis di masa depan.

Lokasi yang ngga bisa Anda andalkan

Kerugian lain dari menyewa gudang adalah kalau pemilik gudang memutuskan untuk ngga lagi memperbarui sewa Anda, maka Anda harus memindahkan bisnis Anda.

Ini ngga cuma mahal secara finansial, ini juga bisa berarti kalau Anda mungkin harus pindah dalam waktu singkat.

Akibatnya, Anda mungkin harus pindah ke gudang yang kurang cocok untuk produk dan operasi Anda.

Kurangnya kontrol

Menyewa gudang juga punya kelemahan karena Anda ngga punya kendali atas apa yang terjadi pada bangunan tersebut.

Ini bisa sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas bisnis Anda karena pemilik gudanglah yang punya keputusan akhir dalam segala hal, mulai dari menyetujui perubahan tata letak sampai menjual properti dan memaksa bisnis Anda untuk pindah.

Ini berarti kalau kalau bisnis Anda berkembang, Anda mungkin harus pindah , sedangkan kalau Anda yang punya properti tersebut, Anda cukup membangun perluasan untuk memfasilitasi pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.

Selain itu, gudang sewa juga mungkin sudah dilengkapi dengan rak palet yang ngga sesuai dengan rangkaian produk Anda, yang tentunya itu bisa membatasi produktivitas operasi Anda.

Ngga ada ekuitas

Pada akhirnya, kalau Anda memutuskan untuk menyewa gudang, pembayaran bulanan Anda yang cukup besar akan melunasi investasi orang lain.

Tapi, Anda ngga akan punya ekuitas di gedung tersebut karena status Anda cuma menyewa, yang akan “meminjamkan” bisnis pemilik tanpa keuntungan modal.

Apa yang harus Anda pertimbangkan ketika perlu menyewa gudang?

Kalau Anda mempertimbangkan untuk menyewa gudang, Anda perlu tahu lebih dulu faktor-faktor penting sebelum melakukan itu.

Proses mencari gudang untuk menyimpan barang Anda menjadi lebih gampang kalau Anda punya perusahaan pindahan yang bagus.

Setiap produk yang Anda impor atau ekspor, misalnya, membutuhkan ruang penyimpanan – gudang.

Banyak sekali orang yang membutuhkan jasa gudang.

Gudang memang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda.

Apalagi kalau Anda melakukan bisnis internasional, tentu akan membutuhkan prosedur impor dan ekspor yang penting ini.

Menemukan gudang yang sesuai untuk Anda sewa bisa jadi sulit, tapi Anda tetap perlu menemukan apa yang Anda butuhkan.

Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor penting berikut ini saat akan menyewa gudang.

Aksesibilitas

Karena Anda butuh tempat untuk menyimpan barang-barang Anda, dan menggunakan mesin dan peralatan transportasi yang tepat, Anda perlu memastikan kalau kebutuhan parkir Anda termasuk dalam perjanjian sewa.

Apakah Anda butuh kemampuan untuk mengemudikan truk atau kendaraan lain masuk ke dalam gudang?

Memilih gudang sewa berarti Anda harus punya akses untuk truk dan peralatan dengan ukuran besar.

Biaya perawatan dan operasional

Pastikan, sebelum Anda menandatangani sewa gudang, apakah biaya perawatan dan operasional sudah termasuk dalam kesepakatan atau belum?

Anda perlu tahu siapa yang akan bertanggung jawab terhadap pajak dan asuransi, Anda atau pemilik gudang?

Biaya operasional di gudang termasuk pajak, asuransi, dan pemeliharaan.

Anda perlu tahu apa yang akan dibayar oleh pemilik. Jadi, Anda akan tahu apa yang menjadi tanggung jawab Anda.

Ini akan membantu Anda untuk membuat anggaran yang tepat saat Anda perlu menyewa gudang.

Juga, jangan lupa! Perbaikan dan pemeliharaan tempat parkir haruslah menjadi tanggung jawab pemilik gudang.

Anda juga pasti suka:

Pemanas, ventilasi, dan penyejuk udara

Banyak bangunan dan ruang gudang yang ngga punya pemanas, ventilasi, dan pendingin udara.

Kalau Anda membutuhkan dan ingin memilikinya di gudang sewa Anda, pemilik gudanglah yang bertanggung jawab untuk memasangnya.

Sebelum Anda menandatangani sewa gudang tersebut, pastikan fasilitas itu bekerja dengan baik.

Kemungkinan operasi di luar pergudangan

Kalau Anda ingin mencari gudang untuk Anda gunakan ngga cuma untuk pergudangan, pastikan kalau hal tersebut diizinkan.

Sebelum Anda menandatangani sewa, pertimbangkan ini kalau Anda ingin memanfaatkan ruang gudang untuk tujuan spesifik Anda.

Beberapa bisnis menyukai ide ini karena biaya sewa gudang yang relatif lebih murah dibandingkan bangunan lainnya, seperti pabrik misalnya.

Ruang yang bisa Anda gunakan, penting Anda ketahui saat menyewa gudang

Anda harus tahu, kalau terkadang, perhitungan luas persegi gudang yang disewakan itu juga termasuk ruang yang ngga bisa Anda gunakan.

Jadi, beberapa pemilik gudang menghitung luas persegi gudang di luar bangunan, bukan di dalam bangunan.

Anda harus ingat ini karena yang akan Anda gunakan adalah ruang di dalam area gudang.

Pastikan Anda tahu bagaimana pemilik gudang melakukan perhitungan mereka dan apa yang termasuk di dalamnya.

Ini juga merupakan faktor yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan ketika Anda akan menyewa gudang.

Listrik yang cukup

Kalau Anda menyewa ruang gudang untuk tujuan tertentu dan Anda butuh pasokan listrik dalam jumlah besar, pastikan gudang sewa tersebut menyediakannya sebelum Anda menandatangani perjanjian sewa.

Anda mungkin bisa membawa tim Anda untuk mengevaluasi daya listrik yang tersedia di gudang tersebut.

Hal ini penting Anda lakukan sebelum melakukan transaksi. Anda harus tahu apakah gudang tersebut punya listrik yang cukup untuk kebutuhan Anda atau ngga.

Batasan beban lantai

Kalau Anda perlu menyimpan barang atau peralatan berat di gudang, pikirkan berapa banyak lantai gudang yang bisa menahannya tanpa rusak.

Anda bisa meminta informasi tentang ini kepada pemilik gudang Anda.

Opsi ekspansi

Pastikan kalau Anda punya opsi ekspansi.

Tanyakan kepada pemilik gudang Anda tentang hal itu.

Kalau Anda punya rencana untuk memperluas area yang Anda sewa dalam beberapa waktu ke depan, Anda harus tahu apakah Anda punya ruang dan kemungkinan untuk melakukan itu atau ngga.

Tinggi langit-langit

Pastikan Anda bertanya kepada pemilik Anda seberapa tinggi langit-langit gudang tersebut.

Kalau barang Anda butuh lebih banyak ruang dan Anda punya rencana untuk menumpuk produk atau peralatan yang Anda simpan, Anda tentu perlu tahu seberapa tinggi Anda bisa menumpuknya.

Penting untuk Anda pertimbangkan kalau Anda punya produk yang besar dan tinggi.

Pastikan Anda mengetahui hal ini sebelum Anda menyewa gudang.

Gudang bisa mengelola pesanan untuk Anda

Gudang ngga harus menjadi sekadar tempat untuk Anda menyimpan inventory.

Layanan pergudangan yang baik bisa memberi Anda lebih banyak.

Gudang bisa menangani inventory Anda sekaligus mengelola pesanan Anda.

Juga, gudang bisa menyortir barang dan menyimpannya untuk Anda.

Seperti yang Anda lihat di atas, ada banyak faktor penting yang harus Anda pertimbangkan saat akan menyewa gudang.

Anda harus yakin kalau dengan menandatangani sewa, Anda mencakup setiap kondisi yang Anda perlukan di gudang.

Ketika Anda menyewa ruang untuk penyimpanan, terlebih dahulu Anda harus mempertimbangkan: aksesibilitas truk yang Anda perlukan, cakupan perawatan, kemungkinan pemanfaatang gudang, daya listrik yang tersedia, luas persegi yang bisa Anda gunakan, beban lantai, dll.

Jadi, pastikan Anda memahami itu semua.

Jadi, mana pilihan yang lebih baik? Sewa atau membeli gudang?

Meskipun menyewa dan membeli gudang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, menyewa gudang bisa menjadi lebih menguntungkan bagi sebagian besar pemilik bisnis. Mungkin termasuk Anda.

Ngga cuma karena itu adalah pilihan risiko yang lebih rendah, tapi juga karena Anda jadi bisa menghemat uang Anda untuk pembayaran uang muka, pemeliharaan, dan perbaikan.

Dan karena menyewa gudang adalah pilihan yang lebih fleksibel, Anda jadi punya peluang lebih besar untuk bisa pindah ke lokasi yang Anda butuhkan.

Kalau Anda membutuhkan gudang, Anda harus mempertimbangkan untuk mencari gudang untuk Anda sewa.

Ini adalah opsi yang lebih hemat biaya dan fleksibel untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sedangkan terkait dengan membeli atau membangun gudang sendiri, secara keseluruhan, itu memberi Anda solusi jangka panjang yang lebih baik karena Anda ngga perlu khawatir dengan biaya sewa.

Anda juga bisa punya ruang penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Saya harap postingan kali ini bisa membantu Anda membuat keputusan yang terbaik terkait dengan membeli VS menyewa gudang untuk bisnis Anda.

Pelajari pro dan kontra masing-masing opsi. Pertimbangkan mana yang terbaik untuk rencana dan bisnis Anda ke depannya.

Pada akhirnya, semua memang akan kembali pada rencana bisnis Anda.

Apakah membangun, membeli, atau menyewa lebih menguntungkan untuk Anda?

Atau, mungkin Anda saat ini hanya butuh untuk menyewa selama beberapa waktu. Sedangkan untuk jangka panjang, Anda butuh untuk membangun gudang setelah bisnis Anda semakin berkembang.

Sekali lagi, semua kembali ke kebutuhan unik dan rencana bisnis Anda masing-masing yang akan menghasilkan keputusan yang paling tepat untuk Anda, walaupun mungkin akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Semoga bermanfaat!

“Kalau anda pikir artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke rekan-rekan anda lainnya dan gabung dengan scmguide telegram channel untuk mendapatkan artikel bermanfaat lainnya dari blog ini.”

Dicky Saputra

Supply chain practitioner with 16 years of working experience. I help companies improve their end to end supply chain performance. You can contact me on: Email: dicky.scmguide@gmail.com Linkedin: https://www.linkedin.com/in/dickysaputra

View all posts by Dicky Saputra →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: