Januari 23, 2022

12 Cara Mengurangi Biaya Transportasi

Kalau pengiriman barang adalah bagian terbesar dari bisnis anda, maka penting untuk anda tahu bagaimana cara mengurangi biaya transportasi.

Apalagi kalau banyak biaya terkait dengan transportasi naik. Kenaikan harga bahan bakar, spare parts, itu adalah yang paling umum terjadi.

Tapi, ternyata tekanannya seringkali ngga berhenti di situ saja. Anda juga akan mendapatkan tekanan dari arah yang lain yang memaksa anda menambah budget anda.

Apa saja?

Meningkatnya ekspektasi customer

Customer semakin menuntut kecepatan sekarang ini, bahkan bisa dibilang untuk semua produk. Mulai dari produk makanan sampai furnitur, sama saja.

Anda sebagai shipper pun jadi dituntut untuk menemukan cara baru atau menyiapkan budget tambahan untuk membuat customer anda puas.

Betul begitu kan?

Pasar global

Internet mungkin membantu anda semakin memperluas jangkauan pasar anda. Tapi itu juga berarti anda perlu untuk menemukan cara mengirimkan produk anda dengan lebih cost-effective.

Lebih banyak tuntutan untuk sektor transportasi

eCommerce booming, baik oleh perusahaan start-up atau perusahaan yang sudah mapan yang beralih ke online channel. Itu juga bisa berarti meningkatnya kompetisi untuk menemukan solusi transportasi yang lebih baik.

12 cara mengurangi biaya transportasi

Anda pasti setuju kalau saya bilang meminimalkan biaya itu selalu menjadi salah satu fokus perhatian dari sebuah bisnis.

Dan kenaikan biaya transportasi membuat kompetisi semakin meningkat untuk shippers.

Sayangnya, seringkali meningkatnya expense ngga bisa begitu saja ditutupi dengan menaikkan harga jual produk.

Akibatnya, menjaga freight costs tetap rendah jadi lebih penting sekarang ini. Plus, lebih sulit dari sebelumnya juga.

Terlepas dari apakah anda melakukan pengiriman internasional, atau lokal, berikut ini adalah beberapa cara mengurangi biaya transportasi yang bisa anda terapkan.

Tapi sebelum itu, saya mau ajak anda dulu untuk bergabung dengan scmguide telegram channel supaya anda ngga ketinggalan update artikel-artikel bermanfaat seputar supply chain management lainnya.

Gunakan moda transportasi yang berbeda

Cara mengurangi biaya transportasi yang pertama adalah dengan menggunakan moda transportasi yang berbeda.

cara mengurangi biaya transportasi

Anda harus fleksibel dalam memilih moda transportasi karena penghematan biaya yang anda dapatkan bisa lebih besar dari yang anda kira.

Pengiriman lewat laut biasanya akan lebih murah dibandingkan lewat udara. Tapi, kalau anda mempertimbangkan waktu pengirimannya yang relatif lebih lama, bisa saja itu malah membebani sales anda.

Anda harus tetap terbuka pada pilihan biaya transportasi yang berbeda dan jangan takut untuk membuat perubahan kalau memang diperlukan.

Anda bisa mempertimbangkan intermodal transportation kalau selama ini anda terbiasa satu moda transportasi saja.

Pengiriman menggunakan kereta api harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan truk. Tapi kombinasi kedua moda transportasi tersebut bisa saja menjadi cara paling baik untuk tetap mencapai budget dan waktu pengiriman.

Anda juga bisa mengatur pengiriman anda seperti contoh berikut.

Kalau customer anda hanya perlu sebagian dari keseluruhan produk yang akan anda kirimkan, anda ngga perlu mempercepat keseluruhan pengiriman produk tersebut.

Anda bisa mengurangi biaya transportasi anda dengan mempercepat pengiriman hanya untuk apa yang dibutuhkan customer dengan cepat saja.

Sisanya?

Anda bisa menggunakan moda transportasi yang lebih murah.

Single sourcing

Harga negosiasi terbaik seringkali didapat ketika anda hanya menggunakan satu vendor transportasi saja untuk seluruh pengiriman anda.

Biasanya departemen purchasing yang menggunakan cara ini dengan menggunakan single source untuk berbagai produk yang masih bisa diproduksi oleh satu supplier saja.

Untuk transportasi juga sama. Anda bisa menerapkan konsep yang sama.

Tapi, anda harus catat, kalau anda mau menggunakan single source, pastikan anda mengevaluasi lebih dulu kemampuan vendor tersebut secara keseluruhan.

Apakah mereka mampu memberikan service yang anda butuhkan atau ngga? Atau, apakah mereka stabil secara finansial sehingga ngga akan bangkrut selama periode kontrak atau ngga?

Kalau mereka bisa memenuhi semua kriteria tersebut, anda bisa mendapatkan penghematan biaya transportasi yang signifikan dengan penggunaan satu source.

Anda juga pasti suka:

Temukan peluang dalam menentukan cara pengiriman

Cara mengurangi biaya transportasi selanjutnya adalah dengan menentukan cara pengiriman anda.

Pengiriman Less-than-Truckload (LTL) adalah pilihan yang tepat untuk pengiriman dengan jumlah kecil.

cara mengurangi biaya transportasi

Tapi, kalau anda bisa menggabungkan pengiriman berbagai produk anda, atau pengiriman untuk customer yang berbeda dalam satu pengiriman, anda bisa menghemat uang anda dengan menggunakan lebih banyak pengiriman Full Truckload (FTL).

Kalau anda menggunakan jasa kurir untuk mengirimkan produk anda, tarif yang anda bayar bisa anda negosiasikan berdasarkan berat, jarak, dan variabel lainnya.

Konsolidasikan pengiriman anda sehingga anda hanya membutuhkan lebih sedikit pengiriman untuk dilakukan.

Anda akan dapat keuntungan dari tarif yang lebih rendah dengan pengiriman yang lebih banyak dalam satu kali pengirimannya.

Dengan konsolidasi pengiriman, anda bisa beralih dari pengiriman less-than-truckload (LTL) ke pengiriman full-truck-load (FTL).

Betul, cara ini ngga selalu memungkinkan untuk dilakukan. Tapi, karena diskon tarif untuk pengiriman yang lebih banyak bisa dibilang hampir selalu ada, maka ada baiknya anda tetap melihat kemungkinan penerapan cara mengurangi biaya transportasi yang satu ini.

Shipment Consolidation (SCL) adalah strategi logistik yang menggabungkan dua atau lebih pesanan atau pengiriman sehingga jumlah yang lebih besar bisa dikirim dengan kendaraan yang sama ke wilayah pasar yang sama.

SCL bisa menggabungkan pengiriman kecil dari lebih dari satu perusahaan yang perlu pergi ke tujuan yang sama.

Yang harus anda ingat, penting untuk mengatasi masalah konsolidasi dalam pengiriman. Anda harus bisa menentukan dengan tepat berapa banyak yang harus dikonsolidasikan sebelum pengiriman, atau berapa periode waktu yang akan dikonsolidasikan, sebelum pengiriman dilakukan.

Lebih sedikit carriers

Anda bisa saja menghabiskan waktu untuk mencari carrier dengan harga yang sesuai dengan budget anda, tapi kadang hal itu jadi mengarah ke banyaknya carrier yang digunakan.

Hal ini biasanya terjadi pada saat anda sudah menegosiasikan kesepakatan terbaik untuk setiap rute pengiriman, tapi belum melihat gambaran besarnya secara keseluruhan.

Mengurangi jumlah carrier adalah salah satu cara mengurangi biaya transportasi yang bisa anda gunakan.

Kalau anda mengurangi jumlah carrier, maka volume pengiriman yang anda tawarkan kepada carrier tersisa akan meningkat. Betul kan?

Dengan memberikan volume pengiriman yang lebih besar kepada carrier tersebut, mereka harus bisa menawarkan tarif yang lebih rendah di semua rute.

cara mengurangi biaya transportasi

Mungkin akan ada beberapa rute di mana tarifnya ngga sebaik yang ditawarkan carrier lain, tapi secara keseluruhan tarif di semua rute, akan lebih rendah.

Secara logika, ketika carrier tersebut anda tawari lebih banyak volume pegiriman, maka tarif yang akan dinegosiasikan jadi turun.

Kenapa?

Karena tentu saja mereka ingin mendapatkan volume tersebut dan meningkatkan volume pengiriman mereka secara keseluruhan.

Tapi, setiap strategi tentu punya sisi negatif.

Apa sisi negatif dari strategi ini?

Yang menjadi resiko pada strategi ini, yaitu ketika anda cuma menggunakan sejumlah kecil carrier, adalah kalau anda menjadi sangat bergantung pada carrier tersebut.

Kalau anda menggunakan lima carrier dan salah satu dari mereka gulung tikar, anda bisa dengan mudah bisa mengalokasikan rute carrier tersebut ke yang lainnya.

Tapi, beda halnya kalau carrier yang anda gunakan lebih sedikit.

Kalau sampai pengiriman anda tertunda gara-gara itu, maka akan ada konsekuensi finansial yang harus anda tanggung.

Customer anda pasti akan terlambat menerima pesanan mereka dan membuat kepuasan mereka turun.

Dampaknya, apalagi kalau bukan mengakibatkan pesanan yang lebih sedikit di masa depan.

Perbandingan biaya dan analisis

Penting bagi anda untuk melihat kriteria yang anda gunakan dalam memilih vendor transportasi anda.

Petakan vendor-vendor yang ada di sekitar anda dan analisalah mana yang memberikan layanan terbaik sekaligus ekonomis.

Otomatisasi logistik anda

Kalau anda bisa melacak kiriman anda dari saat produk meninggalkan pintu anda sampai saat mereka diterima oleh customer, anda akan bisa melihat di mana area yang menjadi masalah transportasi anda.

Anda akan mendapatkan informasi real time kalau ada keterlambatan di luar perkiraaan anda. Informasi tersebut akan memungkinkan anda untuk bereaksi lebih cepat dan lebih hemat biaya.

Visibilitas supply chain

Anda perlu untuk mengawasi dan mempertahankan visibilitas supply chain anda. Itu bisa mengurangi biaya tak terduga pada sisi transportasi anda.

Kalau anda mampu melacak produk anda yang sedang berada dalam perjalanan, setiap gangguan atau masalah yang bisa berakibat pada penundaan pengiriman, bisa anda atasi dengan lebih cepat.

visibilitas supply chain itu penting

Anda bisa segera menyiapkan rute alternatif pengiriman dan menerapkannya lebih cepat yang akan berkontribusi pada pengendalian biaya yang lebih baik.

Betul, ngga ada cara yang sempurna untuk memprediksi gangguan dalam proses logistik. Tapi, menggunakan dasbor real-time bisa memberi anda visibilitas yang lebih baik untuk kemudian bisa mengurangi potensi masalah yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Anda juga pasti suka:

Perencanaan & penjadualan tepat waktu

Cara mengurangi biaya transportasi berikutnya adalah dengan perencanaan dan penjadualan tepat waktu.

Memastikan pengiriman tepat waktu akan mengurangi ketidakefisienan dan bisa membuat anda terhindar dari biaya logistik yang ngga perlu dan membengkak.

Anda bisa memanfaatkan software penjadualan sehingga fungsi perencanaan seperti jadual produksi, waktu transit, dan pengiriman bisa berjalan sesuai rencana.

Cara ini akan mengurangi keterlambatan pengiriman dan deadline yang terlewat. Pastinya itu akan berdampak buruk pada reputasi perusahaan anda kalau sampai terjadi kan? Dan ujung-ujungnya bisa mengakibatkan hilangnya customer dan potensi pendapatan anda.

Pertimbangkan layanan gudang

Kalau anda melakukan banyak pengiriman dari titik A yang sama ke titik B yang sama, terutama dalam jarak jauh, menyimpan barang lebih dekat dengan customer anda bisa menjadi pilihan yang bijak.

Itu akan mengurangi biaya transportasi anda.

Temukan vendor transportasi yang bisa diandalkan

Bisnis utama anda mungkin bukanlah di bidang transportasi.

Di situlah peran perusahaan transportasi untuk masuk. Mereka akan bisa membantu anda menangani operasional transportasi anda.

Dan biaya outsourcing transportasi anda akan lebih rendah jika dibandingkan anda menyimpan barang-barang tersebut di tempat anda.

Perusahaan logistik atau 3PL akanmenawarkan solusi logistik untuk bisnis anda. Mereka akan memainkan peran penting dalam mengurangi biaya secara keseluruhan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan produktifitas.

Menggunakan jasa 3PL akan memberikan banyak manfaat pada anda, seperti: mendapatakan akses ke resources dan teknologi, optimalisasi dan konsolidasi, best practice dalam operasional logistik, penghematan biaya pengiriman, dan banyak lagi.

Gunakan jasa 3PL.

Sebagian besar perusahaan memang ngga punya keahlian untuk menangani logistik dan transportasi secara internal. Akibatnya, mereka menghabiskan banyak uang untuk mengelola logistik mereka sendiri. Pastikan anda ngga membuat kesalahan yang sama.

Kalau anda ngga punya keahlian dalam menangani transportasi, akan lebih baik untuk anda bekerjasama dengan penyedia solusi logistik (3PL) yang bisa membantu anda mengurangi biaya secara keseluruhan, pengiriman barang yang bebas repot, dan bisa membantu anda menentukan moda transportasi dan pengangkut terbaik untuk setiap pengiriman yang anda lakukan.

Ukur kinerja carrier

Analisa kinerja carrier anda. Itu akan membantu anda memahami kemampuan dan kapasitas mereka.

Anda bisa mempertimbangkan beberapa metrik penting untuk mengukur kinerja mereka sehingga anda bisa mengurangi biaya yang dikeluarkan secara keseluruhan dan juga meningkatkan efisiensi sisi supply.

Dengan punya metrik yang jelas, akan memberi anda tingkat keamanan yang anda butuhkan dan membantu anda mengelola hubungan yang lebih produktif dengan 3PL.

Anda bisa menggunaka beberapa metrik penting, seperti inbound/outbound cost, customer satisfaction index, biaya transportasi per pengiriman atau order, dan akurasi faktur.

Inventory management

Perusahaan sering kali menyimpan stok berlebih karena kurangnya visibilitas supply chain yang mereka punya.

Untuk bisa mengurangi stok berlebih secara efektif, anda harus mendapatkan informasi yang bisa anda gunakan tentang pesanan di masa mendatang.

Penting untuk cuma menyimpan produk yang punya permintaan tinggi. Kalau ngga, ini akan mengakibatkan pemborosan besar dengan meningkatkan biaya keseluruhan bagi perusahaan.

Kesimpulan

Profit perusahaan bisa ditingkatkan dengan dua cara. Menaikkan sales atau menurunkan cost.

Dan biaya transportasi adalah salah satu area dalam supply chain yang juga harus anda perhatikan.

Ada banyak cara mengurangi biaya transportasi yang bisa anda lakukan seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Pilihlah cara yang paling tepat untuk bisnis anda.

”Kalau anda pikir artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke rekan-rekan anda lainnya dan gabung dengan scmguide telegram channel untuk mendapatkan artikel bermanfaat lainnya dari blog ini.”

Dicky Saputra

Supply chain practitioner with 16 years of working experience. I help companies improve their end to end supply chain performance. You can contact me on: Email: dicky.scmguide@gmail.com Linkedin: https://www.linkedin.com/in/dickysaputra

View all posts by Dicky Saputra →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: